Beranda > Uncategorized > PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PERKEMBANGAN DUNIA PEMASARAN DI INDONESIA

PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PERKEMBANGAN DUNIA PEMASARAN DI INDONESIA

Nama    : Fahmi Raditio

Kelas     : 3EA14

NPM      : 16209133

PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PERKEMBANGAN DUNIA PEMASARAN DI INDONESIA

Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.

Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan dengan pertimbangan yang matang.

Bisnis di era global ini penuh persaingan dan kejutan. Sukses atau bangkrutnya sebuah bisnis tidak hanya ditentukan oleh kepiawaian manajemen tetapi juga oleh faktor penting lainnya, seperti dukungan loyal karyawan, pemasaran handal, kecukupan aspek keuangan, sistem informasi “the real time”, akses bisnis, efisiensi operasional, pelayanan optimal dan sebagainya.

Dari sekian indikator, kegiatan pemasaran merupakan fungsi perusahaan terdepan. Strategi pemasaran jitu merupakan syarat penting untuk memenangkan persaingan. Pesaing bukan hanya ancaman nyata bagi perusahaan tetapi juga sebagai pendorong perusahaan untuk dapat bekerja lebih efektif, efisien dan inovatif.

Beragam produk yang ditawarkan di era global ini membuat konsumen semakin lebih mengevaluasi produk mana yang akan dibeli/dipilihnya. Misalkan seorang konsumen ingin membeli sebuah handphone, maka konsumen tersebut akan dihadapkan dengan fitur fitur dari setiap produk, dari semua tipe A-Z. maka konsumen tersebut akan memilih handphone yang fitur nya benar-benar di butuhkannya, atau dengan alasan lain.

Perilaku konsumen juga mencondongkan pada peran suatu produk jika ingin membelinya. misalnya : di jaman yang serba ada ini konsumen mempunyai keinginan untuk membeli produk yang inovatif, harga yang terjangkau, promo yang menguntungkan, dan bisa di cari dimana saja. Karena factor ini mungkin kita bisa mengembalikan kata-kata lama yaitu “PEMBELI ADALAH RAJA”

Dalam pemasaran biasanya dihadapkan pada masalah produk, harga, distribusi dan promosi. Disamping masalah tersebut biasanya masalah yang lain yaitu tentang keputusan pembelian konsumen. Kegiatan pemasaran bertujuan untuk mempengaruhi konsumen dalam pembelian suatu produk. Dalam melakukan pembelian konsumen membutuhkan informasi tentang produk yang akan dibeli. Salah satunya adalah informasi tentang harga produk.

Ibu-ibu rumah tangga biasanya sangat jeli dalam membeli dan menyeleksi harga produk, mereka lebih menginginkan dengan harga yang relatif terjangkau mendapatkan produk yang berkwalitas apalagi produk yang sudah mempunyai merek.

Proses pengambilan keputusan sangat bervariasi, ada yang sederhana dan ada yang sangat kompleks. Pengambilan keputusan tidak hanya berakhir dengan terjadinya transaksi pembelian akan tetapi diikuti pula tahap perilaku pembeli. [tyorf]

 

Sumber : en.wikipedia.com

Kategori:Uncategorized
  1. Juni 22, 2013 pukul 8:39 am

    Hey there I am so grateful I found your weblog,
    I really found you by error, while I was searching on Digg for something else, Anyways I am
    here now and would just like to say thanks for a remarkable post and
    a all round interesting blog (I also love the theme/design),
    I don’t have time to look over it all at the minute but I have book-marked it and also included your RSS feeds,
    so when I have time I will be back to read much more, Please do keep up the fantastic work.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: